Rabu, 18 Februari 2009

Pelaku Prostitusi Online Ditangkap


Pelaku prostitusi online www.hartono***.com telah ditangkap. Ia pun siap dijerat UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan sanksi pidana enam tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.

Hal ini terkuak dalam pertemuan tertutup antara pihak kepolisian, kejaksaan, dan Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo). Pertemuan ini untuk mengkoordinasi tindak lanjut kasus prostitusi online yang turut menyeret sejumlah nama artis cantik papan atas.

"Dari pertemuan tadi siang, disebutkan sudah ada yang ditangkap polisi. Namun wewenang untuk menyebutkan siapa orangnya, ada di pihak kepolisian," ungkap Kepala Pusat Informasi Depkominfo, Gatot S Dewa Broto, kepada detikINET, Rabu (18/2/2009).

Pada pertemuan hari ini, Depkominfo selaku instansi yang membidani kelahiran undang-undang tersebut, menyarankan kepada pihak kepolisian dan kejaksaan, agar pelaku dijerat UU ITE pasal 27 ayat 1 dan pasal 45 ayat 1.

Dalam pasal 27 ayat 1 disebutkan: "Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan".

Sementara, pasal 45 ayat (1) berbunyi: "Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)".

Gatot mengharapkan sanksi yang cukup berat bisa membuat jera para pelaku. "Ini sebagai shock therapy agar kejadian serupa tak terulang," tandas Gatot. ( rou / wsh )

sumber http://www.detikinet.com/
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top